Tumor and Cancer Treatment

healthy articles and hot news, etc

Tips Sembuh dari Kanker May 22, 2009

TIPS SEMBUH dari KANKER ‘KANKER.

 Mengapa saya? Apa yang harus saya lakukan untuk sembuh?’

Anda baru saja divonis KANKER. Bagaimana tidak, KANKER sudah datang dan Anda tidak tahu kapan dia pergi. Jangan panik, tetap tenang dan berdoa. Memerangi KANKER harus dilakukan sebagaimana halnya orang berperang, yaitu menggunakan strategi. Dalam KANKER tidak dikenal istilah seri. Taruhannya adalah nyawa Anda dan batasannya adalah waktu. Yang dibutuhkan adalah stamina dan semangat jangka panjang. Untuk menang Anda harus jadi pelari marathon, bukan sprinter. Jadi apa kunci sukses dalam perang melawan KANKER?

Dimulai dengan 2 prinsip utama, yaitu kenali lawanmu (KANKER yang menyerang Anda) dan kenali diri Anda. Anda adalah dokter terbaik bagi diri Anda sendiri.

Bagaimana mengenal KANKER yang menyerang Anda?

 Pertanyaan-pertanyaan dibawah ini bisa menjadi acuan :

• Anda menderita tumor atau KANKER?

• Jenis KANKERnya apa? Karsinoma, Sarkoma, Leukemia atau Limfoma

 • Organ tubuh mana yang terkena KANKER?

• Sudah stadium berapa?

• Apakah KANKER tersebut sudah menyebar ke organ tubuh lain? Untuk memperoleh hasil akurat, lakukan cek dan ricek. Konfirmasikan jenis KANKER yang menyerang anda setidaknya dari dua atau tiga dokter spesialis KANKER (Onkolog) maupun dari hasil cek lab berupa test ‘Penanda Tumor’. Lakukan juga pencarian informasi sebanyak mungkin di Internet sehingga Anda dapat yakin jenis KANKERnya, terapi yang biasa digunakan, faktor yang menghambat/mempercepat pertumbuhannya. Setelah mengenal lawan Anda, langkah berikutnya adalah analisa diri. Ketika KANKER datang, inilah saatnya Anda flash back, introspeksi. KANKER dapat dikatakan sinyal dari tubuh untuk slow down, relax & mengalir dengan kehidupan.

Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bisa dijadikan langkah awal :

• Gaya hidup : Rutinitas apa yang dijalani setiap hari? Kapan terakhir Anda rutin berolahraga? Berapa jam sehari Anda tidur?

• Pola makan/minum : makanan/minuman apa yang Anda sukai?

• Perilaku : Emosi apa yang dominan dalam hidup Anda ? Tulis daftar emosi negative (mudah stress, pendendam, pemarah, tidak puas, iri hati, dll) maupun positifnya (pemurah, tidak mudah putus asa, mau belajar, dll)

• Hubungan : tulis nama orang-orang terdekat Anda. Apakah ada masalah yang lama tidak diselesaikan?

• Spiritualitas : kapan terakhir Anda berbicara dengan Yang Diatas? Kenal lawan dan kenal diri memberikan Anda pemahaman tentang medan pertempuran yang sedang Anda hadapi. Hal ini akan membantu Anda memilih strategi untuk memerangi KANKER.

• STRATEGI 1 :

KANKER harus diobati KANKER bukan penyakit mudah, sehingga Anda tidak dapat berdiam diri dan berharap segalanya akan ok. Tapi Anda juga tidak perlu naïf dan mencoba berbagai macam tawaran pengobatan sampai Anda capek sendiri, jatuh miskin dan tidak juga sembuh. Anda perlu bijak. Secara umum Anda akan menghadapi pilihan 2 jenis pengobatan KANKER, yaitu pengobatan barat dengan terapi konvensional (kemoterapi, radioterapi. pembedahan, dll) ataupun pengobatan timur seperti : obat herbal, akupunktur, yoga, dll. Pengobatan KANKER dari Barat sifatnya seperti amunisi : Anda beli berbagai senjata (mulai dari pistol sampai roket) untuk membombardir musuh Anda – sang KANKER. Tapi ingat : alih-alih sembuh, benteng pertahanan yaitu tubuh Anda juga bisa hancur diroket dan si musuh bisa datang kembali dengan kekuatan berlipat ganda kalau tidak diberantas habis. Selain itu sebagaimana halnya roket, pengobatan ini juga mahal. Pengobatan KANKER dari timur sifatnya seperti latihan kungfu. Pasukan Anda, yaitu sel darah putih akan diberikan stimulus supaya mahir melawan musuh yaitu sel KANKER. Seperti latihan kungfu, pengobatan KANKER ala timur biasanya relative memerlukan waktu. Tetapi keuntungannya : lebih lasting, tidak ada efek samping, dan sebenarnya merupakan mekanisme pertahanan paling bagus dalam jangka panjang. Untuk mendapat hasil optimal, sebaiknya Anda menggandeng timur dan barat dalam memerangi kanker. Apa ciri/tanda pengobatan yang baik? Tandanya adalah pengobatan tersebut harus dapat memberantas KANKER, mengurangi rasa sakit akibat KANKER dan mencegah agar KANKER tidak timbul kembali. Pertimbangkan tips berikut ini sebelum memilih metode terapi : Terapi masuk akal (reasonable) dan meyakinkan Anda bahwa dapat tepat§ sasaran terhadap jenis penyakit KANKER yang Anda hadapi. Anda cukup nyaman dengan terapi tersebut§ rasa sakit atau efek samping akibat terapi harus dalam batas yang bisa Anda§ tanggung dalam jangka panjang terapi berada dalam batas kemampuan ekonomi Anda (dalam jangka panjang)

 • STRATEGI 2 : MENGUBAH POLA MAKAN

Tepatlah peribahasa ‘You are what you eat’. Pengaruh makanan dalam kesehatan Anda sangat besar. Anda kini harus banyak mengkonsumsi sayur dan buah serta menghindari makanan berlemak, dibakar ataupun digoreng. Namun demikian Anda tetap harus punya selera makan. Apa artinya hidup tanpa selera makan ? Jadi pilihlah jenis makanan yang sehat dan yang bisa Anda sukai & nikmati. Your appetite is your drive to live ! So keep your appetite alive ! Berikut ini ada beberapa tips diet sehat bagi pasien kanker : • Masak dan sediakan makanan anda dirumah. Hindari makan di luar jika anda ingin menang dalam perang melawan kanker. Alasannya sederhana : makanan luar, anda tidak tahu kandungan di dalamnya seperti : minyak, garam, penyedap rasa, dan bahan tambahan lainnya.

• Hindari gorengan dan makanan yang mengandung banyak lemak, termasuk mentega/margarine, karena tidak baik untuk organ hati. Jika anda harus menggunakan minyak, gunakan minyak zaitun. Catatan: gula yang berwarna terlalu putih juga tidak bagus.

 • Kurangi konsumsi daging. Lalu bagaimana Anda memperoleh protein? Jawabannya sederhana, yaitu dari kacang-kacangan, gandum, dll.

• Banyak konsumsi sayuran hijau. Untuk memperoleh nutrisi yang beranekaragam, konsumsilah berbagai jenis buah-buahan, kacang-kacangan dan sayur-sayuran. Sedapat mungkin, makan sayuran mentah atau dimasak tapi jangan terlalu lama.

• Perbanyak minum jus yang terbuat dari buah-buahan dan sayur-sayuran segar, misalnya : wortel, seledri dan jus apel.

• Konsumsi banyak buah-buahan segar

• Hindari semua jenis makanan yang dikalengkan, diasap, dibakar ataupun diasinkan

• STRATEGI 3 : MENGUBAH CARA HIDUP ‘

Hati yang gembira adalah obat’ demikian peribahasa. Untuk memerangi KANKER, Anda harus happy. Karena dalam jiwa yang sehat, baru ada kemauan hidup tinggi. Tahukah Anda bahwa Anda diciptakan dengan luar biasa untuk satu tujuan dalam dunia ini ? Tahukah Anda bahwa Anda berharga dimata Yang Maha Esa ? Seringkali hidup ini kita jalani dengan complicated – ribet. Kita hidup untuk mendapat pengakuan, penghargaan dari orang lain. Padahal hidup harus dijalani dengan mengalir dan sikap nrimo, mensyukuri. Dengan demikian kita bisa lead a stress-free life. Yang tidak kalah penting adalah cukup tidur dan cukup olahraga. Tidur yang cukup penting bagi kerja organ hati dalam menyerap racun. Selain itu olahraga juga penting untuk mengurangi stress dan mendapat oksigen bebas yang sangat penting bagi tubuh.

Mudah-mudahan tips diatas bermanfaat buat Anda yang ingin sembuh dari KANKER.

Selamat berjuang dan VIVA LIFE !

http://www.cancerhelps.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s