Tumor and Cancer Treatment

healthy articles and hot news, etc

Cegah Ancaman Penyakit Perempuan May 19, 2009

Filed under: Artikel Kanker - Cancer Articles — tumore @ 4:48 am

Cegah Ancaman Penyakit Perempuan

 Wanita butuh pengertian dan perhatian“Lebih baik mencegah daripada mengobati” istilah yang kerap dipakai untuk mengartikan pentingnya pencegahan sebelum terjadi resiko yang lebih besar. Sepintas istilah ini mengkin terkesan klise, tapi sebenarnya sangat penting artinya dalam menjaga kesehatan. Pengobatan akan memakan biaya yang tidak sedikit, jika tidak sedari awal mencegah penyakit. Hal ini berlaku bagi kaum pria dan perempuan untuk mencegah permasalahan kesehatannya.

Kaum perempuan adalah mahluk social yang memberikan keberlangsungan kehidupan manusia, lewat system reproduksinya untuk melahirkan dan anugerah keibuan membesarkan anak. Keberadaannya sangat penting untuk melangsungkan kehidupan manusia dibumi ini, tetapi juga rentan terhadap penyakit, seperti gangguan  atau penyakit pada alat reproduksi, kanker payudara,  atau resiko kematian dari proses melahirkan.

Proses persalinan dapat memakan kematian tinggi pada sang ibu. Menurut data World Health Organization (WHO), pada situs berita Antara, pada tahun 2005,sebanyak 536.000 perempuan meninggal dunia akibat masalah persalinan.

Sebanyak 99% kematian ibu akibat masalah persalinan atau kelahiran terjadi di negara-negara berkembang. Rasio kematian ibu dinegara-negara berkembang merupakan yang tertinggi dengan 450 kematian ibu per 100 ribu kelahiran bayi hidup,  jika dibandingkan dengan rasio kematian ibu di sembilan negara maju dan 51 negara persemakmuran.

Kaum perempuan ndonesia patut mewaspadai hal ini, karena tidak hanya masalah proses persalinan yang membawa resiko tinggi pada kematian, tetapi juga kanker yang dapat terjadi pada alat reprodulsi seperti kanker serviks (leher rahim), kanker ovarium dan juga kanker payudra. Menurut data WHO tahun 2005, sebanyak 1,2 juta orang di dunia terdiagnosa kanker payudara, dan angka tersebut dapat terus bertambah. Sedangkan unutuk di Indonesia, kanker serviks ini menduduki peringkat pertama diantara 10 jenis kanker yang diderita kaum wanita.

Pencegahan dapat dimulai dari diri sendiri. Sejak awal, pola hidup sehat memegang peranan penting untuk mendapatkan gizi yang baik untuk mendukung kesehatan yang prima. Dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, sertsa rutin berolahraga, pola hidup sehat dapat terwujud.

Kesadaran untuk lebih mangenal tubuh sendiri, dapat membantu untuk mendeteksi kelainan pada bagian payudara misalnya. Menjaga kebersihan organ reproduksi turut berperan penting, untuk mencegah terjadinya penyakit reproduksi yang dapat berakibat kronis memicu kanker. Khusus untuk kanker serviks, pencegahan sedari dini dapat dilakukan dengan pemberian vaksin, dan pemeriksaan pap-smear test untuk perempuan yang sudah menikah.

Tak kalah pentingnya untuk mempersiapkan pencegahan dan juga pengobatan, diperlukan anggaran biaya yang cermat, seperti melalui tabungan dan asuransi kesehatan. Tabungan Woman One keluaran Bank Internatioanal Indonesia yang dibuat khusus untuk kaum perempuan dapat menjadi salah satu pilihan menarik. Produk tabungan ini dilengkapi fitur asuransi yang  memproteksi penyakit-penyakit kritis khusus diderita perempuan, seperti kanker payudara dan kanker serviks.

 

 

 

Kasus penyakit kanker yang banyak terjadi pada perempuan Indonesia.

  1. Kanker payudara (32%)
  2. Kanker leher rahim (21,5%)
  3. Kanker Ovarium (8%)
  4. Leukimia (6.5%)
  5. kanker Kolorektal (5%)

 

Info: Data statistic Sistem Informasi Rumah Saki (SIRS) thn 2006-Depkes RI

 

Sumber            : Kompas, Mei 2009

Compiled by     : cancerhelps.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s